Penyakit Darah Manis (Prurigo), Mengobati Bekas Luka Yang Susah Hilang

Darah Manis (Prurigo) Penyebab dan Pencegahan Bekas Luka Yang Susah Hilang - Seseorang yang mudah atau sering mengalami gatal-gatal di tubuh biasaya diistilahkan sebagai orang yang memiliki darah manis. Pengidap darah manis ini juga diklaim sangat diminati oleh nyamuk nakal.

Apakah penyakit darah manis itu? Dan bagaimana pengobatan atau pencegahannya agar seseorang tidak mengidap penyakit darah manis?


Menurut para ahli medis, istilah darah manis kurang sesuai. Prurigo adalah istilah yang dianggap lebih pantas untuk penyakit gatal-gatal tersebut. Prurigo biasanya hanya menyerang seseorang yang berbakat mengidap penyakit tersebut. Prurigo cenderung menyerang anak laki-laki dibanding anak perempuan, namun hingga kini belum jelas apa penyebabnya. Prurigo dapat menjangkiti seseorang pada usia dua tahun, namun tidak sedikit juga yang terjangkit pada saat usia lima tahun. Penyakit darah manis (prurigo) ini juga dianggap sebagai penyakit warisan, dimana jika orangtuanya mengidap penyakit ini kemungkinan besar anak-anaknya juga akan terkena prurigo (darah manis).

Mengetahui Bakat Prurigo
Untuk mengetahui bakat penyakit ini dapat dilihat pada saat pemeriksaan darah. Pengidap prurigo akan memiliki sel darah putih jenis eosinophyl yang jumlah lebih banyak dan dalam kondisi normal. Karena umumnya penyakit ini muncul pada saat usia anak-anak, hal terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah sebuah pencegahan agar penyakit darah manis (prurigo) ini tidak sering muncul . Agar tidak menimbulkan bekas di kulit, jika penyakit ini menyerang maka harus diredam sedini mungkin.

Bintil-bintil yang seukuran jarum pentul merupakan cirri-ciri jika prurigo (darah manis) muncul. Bagian tubuh yang sering diserang oleh rasa gatal prurigo (darah manis) adalah pada bagian dahi, pipi, kulit tungkai, kulit perut, lengan bawah, dan bagian bokong. Bintil ini akan menyebabkan rasa gatal yang teramat sangat dan membuat penderitanya untuk menggaruk secara terus menerus sehingga menyebakan bekas luka di tubuh, kelainan kulit lanjutan. Akibatnya pada kulit akan muncul sejenis kerak yang warnanya lebih gelap, kemudian disusul munculnya bisul. Jika bisul ini sembuh, maka akan timbul bintik-bintik hitam yang susah untuk hilang sepanjang hidup.

Pencegahan dan Pengobatan Prurigo (Darah Manis)
Untuk pencegahan prurigo intinya seseorang sebisa mungkin terhindar dari gigitan nyamuk atau serangga. Jika dalam kondisi tidur, sebaiknya penderita prurigo (darah manis) mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang, atau menggunakan kelambu pada tempat tidur.

Untuk aktifitas di luar rumah seperti pergi ke kebun, camping, atau beraktifitas lainnya yang dianggap tempat yang banyak serangga, maka gunakanlah obat oles anti serangga untuk melindungi diri. Obat anti serangga bisa berupa minyak dari bahan serai/kayu putih, lotion anti serangga, ataupun berupa sejenis obat gosok.
Jika pencegahan sudah dilakukan namun rasa gatal datang menyerang, segera oleskan minyak kayu putih atau obat untuk pereda rasa gatal. Agar terhindar dari garukan yang tidak disadari pada saat tidur malam, penderita prurigo sebaiknya tidur dengan mengenakan sarung tangan. Sehingga jika tanpa sadar tangan menggaruk bagian yang gatal pada saat tidur, kulit tidak akan memiliki bekas luka dan tidak tergores karena tidak langsung bersentuhan dengan kuku.

Seseorang yang diserang prurigo sebaiknya diberikan obat oles golongan kortikosteroid. Jika sampai menimbulkan ancaman infeksi, antibiotik diberikan agar tidak tumbuh bisul. Pada sebagian penderita prurigo terkadang harus membutuhkan obat penenang agar penderita bisa tidur lelap.
Penyakit prurigo memang harus diperhatikan secara baik dan sedini mungkin dijinakkan terutama bagi penderita perempuan. Karena jika menimbulkan infeksi, maka prurigo akan menimbulkan bekas luka di kulit.

Perhatian Ekstra Untuk Pengidap Prurigo
Munculnya penyakit prurigo ditandai gangguan kulit yang bentuknya nodul dan papula . Warnanya coklat agak kehitaman yang ukurannya bervariasi dalam jangka waktu enam minggu yang berupa kambuhan.
Penyakit prurigo memang tidaklah berbahaya, namun hal ini menimbulkan rasa risih pada penderita, rasa tidak nyaman, dan sering tidak percaya diri. Tentu saja hal ini dikarenakan penderita memiliki bentol hitam pada kulit, apalagi bentol ini berada pada bagian tubuh yang terbuka.

Jika pengidap prurigo adalah anak-anak, bekas prurigo tidak harus diobati secara intens dengan obat hiperpigmentasi karena kulit anak-anak berada dalam masa pertumbuhan dan bisa pulih seiring dengan bertambahnya usia. Jika pengidap prurigo adalah orang dewasa, maka sebaiknya perlu ke dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi dan mendapatkan obat. Sangat dibutuhkan perhatian ekstra untuk penyakit prurigo karena cara pengobatannya membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan.

Konsumi Betakaroten Bagi Pengidap Prurigo
Bekas luka di kulit yang susah hilang akibat prurigo biasanya dikarenakan kulit penderita yang kering. Penderita prurigo diharapkan sangat perlu menjaga kelembaban kulit. Kulit yang kurang lembab biasanya karena kurangnya gizi atau karena komposisi gizi yang kurang tepat. Dalam hal ini karena kurang Vitamin A dan Vitamin B. Selain itu bisa jadi karena kulit kurang mendapatkan sinar matahari, efek samping dari bahan kimia penggunaan kosmetik, dan mungkin karena jenis sabun mandi yang kurang cocok pada kulit.

Untuk menambah kelembaban kulit penderita prurigo (darah manis) maka hal yang tepat untuk dilakukan adalah dengan memperbanyak asupan betakaroten yang bisa didapatkan dari buah maupun sayuran. Bawang bombai, bawang putih, asparagus, pisang, telur adalah beberapa jenis makanan yang mengandung betakaroten tinggi. Minum air putih juga harus cukup dan sering. Meminum jus dengan campuran lidah buaya, nanas,wortel, dan pepaya juga dapat membantu. Mengkonsumsi vitamin A dan Vitamin E juga sangat disarankan dalam waktu minimal tiga bulan. Untuk perawatan kulit, penderita prurigo disarankan memakai sabun mandi/lotion organik yang berbahan dasar air atau sabun/lotion yang bebas dari zat paraben. Penderita prurigo juga dianjurkan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, gorengan dari terigu, softdrink maupun minuman alkohol.
Meilibahenling Asli Penghilang Bekas LukaKami hanya ingin memastikan anda tidak salah membeli produk Meilibahenling. Saat ini banyak beredar produk Meilibahenling Palsu yang meniru rupa Meilibahenling Asli. Lotion / cream Meilibahenling yang kami jual adalah ASLI, yang kami import langsung dari Taiwan sejak 2004. Silahkan hubungi kami untuk keterangan lebih lanjut atau

Popular Posts