Perban Untuk Mencegah Luka Parut Pasca Operasi

Perban Untuk Mencegah Luka Parut Setelah Operasi - Bentuk parut di kulit akibat bekas jahitan adalah sesuatu yang kerap muncul setelah proses operasi. Bekas luka operasi yang terbentuk menjadi luka parut tentu saja menganggu penampilan kulit dan memberikan rasa tidak nyaman.

Survey terbaru disebutkan bahwa 9 dari 10 orang setelah operasi merasa tidak nyaman dengan kehadiran luka parut dikulitnya. Sadar akan keluhan pasien, para ilmuwan kini menciptakan sebuah plaster atau perban yang bisa menjadikan kulit mulus setelah dioperasi.

Plaster atau perban penghilang bekas luka tersebut terbuat dari silikon. Perban atau plaster ini dapat direngangkan untuk menutupi permukaan luka, dan dapat digunakan selama masa penyembuhan hingga 8 minggu. Plaster atau perban ini mencegah terciptanya jaringan parut atau bekas luka dengan cara kerjanya yang akan mengurangi tekanan yang terjadi pada kulit.

Mengapa seseorang mendapatkan luka parut setelah operasi? Bagaimana cara kerja perban atau plaster yang mampu mencegah luka parut ini?


Setelah proses operasi dokter akan melakukan proses jahitan pada kulit untuk menyatukan jaringan kulit yang terpisah agar kulit dapat menyatu kembali. Inflamasi pada area kulit yang luka akan memberikan rangsangan untuk memproduksi kolagen. Penyembuhan luka akan dibantu oleh lapisan susunan kolagen. Pada proses ini biasanya lapisan kolagen yang baru tidak sama dengan jaringan kulit seperti sebelumnya, hal ini yang akan menyebabkan terbentuknya parut pada kulit.

Lapisan dari susunan kolagen akan membantu luka sembuh. Namun, lapisan baru yang terbentuk biasanya tidak sama lagi dengan jaringan sebelumnya serta terpisah dari kulit sekitar sehingga terbentuklah parut pada kulit. Kondisi ini juga sering diperburuk saat dilepasnya jahitan pada kulit. Bagian pinggir jaringan kadang tertarik ke arah yang lain dikarenkan kulit yang meregang. Akibat tekanan ini maka tak jarang jaringan parut dapat menyebar melebihi area luka. Bekas luka akan menebal dan menonjol di kulit.

Adalah kelompok ilmuwan di Universitas Stanford Amerika yang menciptakan plaster atau perban yang mampu mencegah timbulnya parut setelah operasi. Plaster atau perban ini ditempelkan pada kulit saat jahitan operasi dilepaskan. Cara kerja plaster atau perban ini memberikan kontrasi dengan perlahan dengan hitungan jam. Tekanan yang diberikan oleh plaster atau perban ini sangat lembut terhadap jaringan kulit yang terluka. Cara kerja ini akan mencegah parut muncul pada kulit dan menghambat penyebaran jaringan parut.

Dalam uji coba pertama yang dilakukan pada binatang, hasilnya mampu memberikan pencegahan luka parut mencapai 60% pada bekas luka sayatan dengan ukuran 1 inchi. Pada saat ujicoba yang pada wanita wanita yang usai menjalani proses operasi, hasilnya luka parut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan memakai plaster atau perban biasa.

Jika anda termasuk yang berminat untuk menggunakan plaster atau perban yang mampu mencegah munculnya parut akibat bekas luka operasi sepertinya harus bersabar dahulu. Karena belum didapatkan info apakah plaster atau perban ini sudah digunakan oleh dokter di sini.

(Sumber : Kompas.com)
Meilibahenling Asli Penghilang Bekas LukaKami hanya ingin memastikan anda tidak salah membeli produk Meilibahenling. Saat ini banyak beredar produk Meilibahenling Palsu yang meniru rupa Meilibahenling Asli. Lotion / cream Meilibahenling yang kami jual adalah ASLI, yang kami import langsung dari Taiwan sejak 2004. Silahkan hubungi kami untuk keterangan lebih lanjut atau

Popular Posts